Kamis, 22 November 2018

A JOURNEY TO REMEMBER

Bismillahirahmanirahim..
Assalamualaikum semuaa… kumaha damang?

Udah lama gak update blog, dan udah akhir tahun ajaa euy!

Di penghujung tahun ini mau cerita dan refleksi diri perjalanan saya di KIMI selama kurang lebih 2th, tapi yang mau di update sekarang perjalanan 1 th ini. Ahh gak kerasa KIMI slalu menemani saya menjalani hari2 yg penuh warna *eaa

Ngejalanin celeng (challenge) KIMI tiap bulan nya itu bikin deg2 ser, ada aja gosokannya (baca : cobaan), ada magernya, ada capeknya, segala ada. Tapi yg saya rasain ky ada kekuatan yang bikin sy harus ngerjain aja gitu.. mungkin energy ini didapet dari bebo semua yg juga ikut ngerjain celeng.. (kekuatan jamaah euy)


Oke guys langsung bahas ya :)



1.       Beberes 


Wadaw.. perasaan kita tiap hari beberes tapi aya wae sampahnya kan yaa.. hmm.. (beberes atau  ngerapihin aja?) 

Nah, disini kita belajar buat bener2 milah mana barang yang DIBUTUHIN & mana barang yang GAK DIBUTUHIN. Buang lah rasa : ah sayang, ah siapa tau bisa kepake nanti, ah ini banyak kenanganya, ah ini, ah itu.. 

kalau kk saya bilang, harus TEGA buang! Siapa sangka, kaka saya laki-laki beberesnya lebih jago dari adeknya ini hehe.. (istrinya juga seneng beberes, liatlah hasil kolaborasi mereka)


(thanks my bro-sis untuk share rumahnya)

Ini masih sebagian dr sudut2 kamar, tapi..
apa yg bikin rapih? tipsnya mereka membeli barang yang bakal DIPAKE & semua tempat serta ruang harus BERMANFAAT.

Nah, proses TEGA yang baru dijelasin tadi,baru bisa saya lakukan setelah 2 tahun gabung di KIMI. Saya jadi lebih tega (in a good way ya insyaAllah) untuk keluarin barang yang memang udah gak kepake. Malah kk saya bilang, harus bersyukur tinggal di indo, mau buang tinggal buang, mau kasih tinggal kasih, tau kasihnya ke siapa, temen, sodara, tetangga, pemulung/ siapapun. Ternyata kalau di luar negri untuk buang barang gak bsa sembarangan loh, ada aturan hari, dan kita juga gak tau itu barang akan sampe kapan ke tangan siapa. 

Kadang saya & ibu saya suka lebih tenang kasih barang ke orang, kalau barang tsb jatuh ke tangan yg tepat, dgn kata lain barang itu memang dimanfaatkan dgn baik.

Gosokan beberes ini sesuatuh loh mbaknya..
bikin saya ngelawan mager, pengenya boboin aja haha dan yang pasti radar awareness harus  ttp jalan sema ngerjain celeng ini.

2.       Periksa Gigi 

     Celeng ke dua ini ke dokter gigi, jujur suka hoream (males) ke dokter gigi kalau gak sakit2 amat haha.. Mungkin prinsip 6 bulan sekali ke dokter gigi, kadang bikin kita jadi kelamaan nunda ke drg. Belajar gak nunda, akhirnya langsung daftar. 

Dari celeng ini juga kita belajar, kalau hal kecil aja gak diperhatiin dan didiemin efeknya bisa besar (kaya bersihin karang gigi kalau gak rutin ya bisa2 sakit gigi krn byk kotoran numpuk).
Kotoran gigi aja numpuk apalagi kotoran hati, duh! :(


(Periksa gigi bareng kanaka, nini with drg. Gilang Y & kakak koas)


3.       Baca & Resume buku Hati Yang Gembira Adalah Obat karya Sophie Navita
Jujur..
pas ada celeng ini, saya mikir wah bupon nyuruh upgrade ilmu masak haha
karena liat cover bukunya, seger2 gimanaaa gituh.. Ternyata setelah dibaca banyak bgt hikmahnya, terutama tentang kehidupan, tentang menyikapi kejadian demi kejadian yg kita alami. Jujur, berasa dibawa bgt ke alur kehidupan mba sophie, kita ky lg denger mba sophie cerita aja gitu..
 Review lengkapnya ada di IG aku ya (ajeng weningsari) mangga loh mampir hehe



4.       Ikut wokshop atau seminar yang gue banget!
Pas dapet celeng ini langsung mikir, apa ya yg lg dibutuhin utk upgrade diri. 
Akhirnya ada 2, pertama acara luncheon KIMI dengan tema ”Real Happiness is The Happiness of The Soul”. Disini dijelasin tentang pentingnya kita aware sama diri sendiri & dijelaskan juga bahwa yang menciptakan bahagia itu ya kita sendiri.




(bersama peserta KIMI luncheon bdg)

Workshop kedua yang saya ikuti yaitu Kursus makeup.
 Berbekal pengalaman gak enak sama beberapa MUA, ketergantungan MUA tiap ada acara dan gak efektifnya waktu kalau ada acara yang mengharuskan saya pake makeup, jadilah saya memilih mengikuti kursus makeup.
Selama ikut kursus makeup bnr2 dilatih untuk sabar, teliti, rapih dan bersih.. 



(Privat Makeup Class with Teh Nenden from PT Paragon-Wardah)

Cerita lengkap tentang celeng ini ada di IG juga yaa (ajeng weningsari) ditunggu loh :)

5.       Ketemu Bebo KIMI
Di celeng ini kita diharuskan utk bersilaturahmi sama bebo KIMI lintas kota, lintas provinsi. Untuk yg lintas kota/provinsi jika gak memungkinkan bisa via video call. Awalnya sih deg2an buat memulai kontak sama bebo kimi yg belum pernah ketemu, ternyata seru banget, jadi pengen ketemu langsung. InsyaAllah ketemu di Anniv KIMI yaaa bebo sayang :)


(video call dengan bebo KIMI di seantero jagad raya, halah!)

 (ketemuan sama bebo KIMI di paskal 23 bdg)
(ketemuan lagi sama bebo kimi di Nimna book cofee bdg)

Ketemuan sama bebo KIMI ini aku ceritain juga di IG (ajeng weningsari)


6.       Belajar Cukup 

Nampaknya celeng ini berkesinambungan dengan celeng pertama (beberes) cuma lebih spesifik. Kita diminta untuk beberes hanya dapur dan kamar mandi (hanya? Gemporr segitu juga ceu) haha Bener2  dipilah mana yg dibutuhkan, belajar cukup  berapa barang yg dibutuhin di kedua tempat tsb. Dan ternyataa sampahnya lumayan buanyak, masih demen bgt ngekepin wadah2 dari resto euy. 


Dari celeng ini,saya jadi gak suka nyetok barang2 lagi (kaya sabun, odol dll). Minimal untuk barang yg cepet abis kalau belanja 2pcs lah tiap item, jd kalau abis gak hrs buru2 cari juga. Tapi untuk yg gak urgent ya gak ush nyetok. Lewat celeng ini saya belajar untuk ngabisin sesuatu sampai tetes darah penghabisan *weys haha..
Ya, sampai abis.. mau makanan, detergent, sampo, skincare , kosmetik,dll



7.       Inner Child
Waaw inner child! yg saya tangkep dari kata inner child adalah masa kecil. 

Jujur, yg tersimpan di memory saya pada masa2 dulu hepii. Ditambah celeng spesifik bulan ini yaitu nostalgia cita2. Dan cita2 saya adalah jadi kasir. Saya dulu mikirnya enak amat jadi kasir, tinggal pencet2 duit keluar banyak dari laci haha saya mikirnya itu duit kasirnya. Celeng ini membuat saya semakin termotivasi untuk memberikan memori yg baik untuk kanaka..

Mampir IG (ajeng weningsari) ya buat liat cerita keseruan celeng ini :)


(selamat datang di Indomart, selamat belanja!)


8.       September Ceria

Alhamdulillah ngarenghab (istirahat) haha…

Bulan ini bupon kasih waktu untuk rehat, just do what you want & do what you makes happy

Karena dikasih waktu untuk rehat jadi para bebo kimi dikasih kebebasan untuk ngelakuin apa yg diinginkan. Pada bulan ini yang saya lakukan adalah survey sekolah kanaka. InsyaAllah tahun depan (juli 2019) kanaka masuk SD. 

Untuk SD swasta akhir tahun ini sudah dilakukan open house dan pendaftaran, so ini waktunya survey.  Karena rencana pindah ke Bumi Serpong Damai (BSD) Tangsel, jadi kita survey langsung ke BSD, setelah browsing-browsing sekolah di Tangsel, barulah kita mutusin sekolah mana aja yang bakal kita datengin.

hmm ternyata cari sekolah itu sesuatu ya, banyak faktor yang jadi bahan pertimbangan (kurikulum, lingkungan, fasilitas biaya *ehem, anaknya cocok/gak). 
Selama kita survey, kanaka juga ikut keliling sekolahnya, liat suasana disana. Setelah muter-muter akhirnya jatuh ke 1 sekolah dan insyaAllah tanggal 24 November ini kanaka mau observasi. Mohon doanya ya om tante supaya kanaka diberi kelancaran dan dapet sekolah yg terbaik. Aminn

9.       Belajar mendengar
Bulan ini celeng dari bupon adalah belajar mendengar, kedengeranya simple, tapi prakteknya *ehem lagi.  Kita diharuskan untuk bener-bener mendengar cerita, curhatan/keluh kesah dari orang terdekat kita. Tahan lah komen2/sanggahan yang pengen keluar dari mulut..

Nah, belajar mendengar ini langsung saya praktekin ke kanaka. Satu hari full saya bener2 dengerin kanaka mau kemana dan mau apa, sambal dengerin apa yg dia rasakan selama ini, tentang kepindahanya dari bandung-ke serang, tentang keluarga,dll.. (tahan-tahan duh pengenya nyela, komentar haha tapi slalu inget BELAJAR MENDENGAR). 
Dipikir-pikir kalau kita lagi capek atau mau berkeluh kesah pengenya di dengerin juga kan ya..

semoga kita selalu jd pendengar yang baik ya guys!


10.   Thanks to me!
Jujur, dengan adanya celeng kimi saya merasa hidup ini lebih ada tujuan dan manfaat. Kadang ada di satu titik kita jadi manusia gak berguna/gak bisa apa2, ngerasa salah, ngerasa gak maksimal. Tapi setelah melihat perjalanan saya di KIMI selama 2 thn ini its time to say : 
THANKS AJENG! YOU DID IT!

Aaaaa!
Ngesot, pait-manis, males-semangat, baper, lieur, riweuh selama setahun ini ngejalanin ‘kehidupan’ di KIMI rasanya nano-nano..

Hatur nuhun pisan bupon Aci, untuk segalanya! sing makin berkah hidupnya, dilancarkan studinya ya.. kapan2 kanaka main sama kanin lagi doong :)

Hatur nuhun Teh beb nani untuk ‘parang2’nya *eaa, untuk perhatiannya, untuk inspirasinya & untuk kasih sayang yg tulus sama bebo kimi


 (bupon tunduh nyak?)

(with teh beb nani)

Daaann untuk semua bebo KIMI, HATUR NUHUN PISAN!

Nuhun, udah nemenin perjalanan selama 1 tahun ini, semoga kita makin glowing!

Glowing hati, pikiran, bs handle ego, bisa belajar lembut, pokonya makin lebih baik lagiih.
Hapunten ya bilih aya kalepatan… 

See u next year KIMI :)





Bandung, 22 November 2018





1 komentar:

  1. Teh Awen 💖💖💖
    baca ini serasa lagi ngobrol sm temen deket masa kecilku, soalnya banyak vocab sunda-na 😆 seru and ngalir. kerasa riangnya 😄

    BalasHapus

A JOURNEY TO REMEMBER

Bismillahirahmanirahim.. Assalamualaikum semuaa… kumaha damang? Udah lama gak update blog, dan udah akhir tahun ajaa euy! Di pen...