Selasa, 26 Desember 2017



Assalamualaikum Semuaa..ada yang setuju sama quotes diatas?? hehe

Nah, terkait quotes diatas kali ini saya mau resume hasil Healing Online bersama Teh Irma Rahayu dengan tema Marah.


Btw, ini healing pertama yang saya ikuti, excited sekaligus deg2an. Tapi berkesan, kenapa?
Karena setelah Healing Online selesai saya merasa lebih aware lagi sama diri sendiri, tau marah itu apa & jadi cukup tau gimana cara menghadapi marah. 

Oya karena pada saat Healing Online (HO) lebih banyak fokus nonton live nya jadi saya tulis beberapa point2nya aja  ya (yang sempet kecatet hehe).

Point ini terdiri dari penjelasan teh Irma & jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan :

1.       Ciri orang marah salah satunya SERING TERTAWA pada saat tidak diperlukan
2.       Marah BOLEH asalkan tidak berlebihan. Berusahalah untuk MELEMBUT
3.       Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika kita sedang marah dengan PASANGAN,yaitu :
·         Nafas
·         Goleran/berbaring di lantai yang datar tanpa alas
·         Wudhu, Shalat
·         Keluar rumah, jalan-jalan *tapi jgn bawa duit kata teh irma, nanti malah belanja hihi
·         Terus bergerak (mau ngosrek kamar mandi juga boleh hehe)
·         Setelah cape/energi keluar.. langsung pulang kerumah dan hadapi Pasangan

4.       Menghadapi orang yang bikin kita marah dengan TERAPI SENYUM & ALHAMDULILLAH
Contohnya ketika ada orang yang mengejek kita gendut sehingga ditinggalin pacar. Ya kita bilang aja Alhamdulillah gendut, sambil senyum (barijeung maksa, gpp lakuin aja). Nanti kita bisa lebih jernih berfikir. "Oiya mungkin saya memang kegendutan, gak fit, gak sehat jadi pacar saya ninggalin saya, saya mau merubah diri lebih baik lagi"

5.       Cara menghadapi Marah dengan TEMAN : dengarkan & ajak jalan

6.       Cara menghadapi Marah dengan ORANG TUA : Cari penyebab ortu marah, cari makanan kegemaraan (jajanin hehe)

7.       Cara menghadapi SUAMI yang marah :  kitanya dulu yang introspeksi, layani suami dengan sigap sepenuh hati, bacakan doa ketika sedang menyiapkan minumanya. (saya lupa kemarin surat yang spesifik surat apa ya? Mungkin teman-teman yg ikut HO ada yang inget?)

8.       Ketika kita ada di lingkungan yang isinya banyak dengan orang-orang yang sedang emosi kitalah yang harus nyalain korek api, maksudnya kita yang merubah keadaan, bukan nyuruh orang lain meredam amarah & kita jangan sampai terpancing amarah ya.

9.       Cara menghadapi Marah dengan ORANG YANG SUDAH TIADA . Mungkin bisa saja ya kita masih menyimpan amarah/kesel sama seseorang yang udah gak ada. Ini ada tips cara menghadapinya :
Tulis marah kita di kertas (tulis apa yang ingin kita sampaikan ke orang tersebut, seolah-olah kita sedang berinteraksi dgn org tsb), lalu tulisan tsb dibakar, lanjut wudhu, solat & istigfar. Lakukan berulang kali setiap minggu jika rasa amarah tsb masih ada.

10.    Salah satu sinyal kita sudah tidak marah lagi dengan keadaan/seseorang yaitu ketika kita bisa TENANG

11.   Jika marah ke anak, marahlah tapi yang proper. Misal anak menjatuhkan vas bunga sampai pecah, marahlah karena vas bunga nya pecah, jgn jd merembet kemana-mana. Oya ada tips dari teh Irma kalau kita marah ke anak supaya gak kelepasan, panggil anak dengan nama lengkap dan dengan nada tegas. Misal AHMAD KANAKA BARCHIA! (nama panggilan Kanaka) nanti lama-lama si anak bisa ngeuh Oh oke..oke.. mamah saya udah mau marah nih, saya harus membaik.


12.   Out of Topic :
·     Jika kita ingin sesuatu cek dulu, apakah hal tsb dilakukan hanya untuk mendapatkan pengakuan, atau lagi marah sama siapa?
·     Gunakan NAMA ASLI di sosmed, karena nama adalah doa. Kalau diganti-ganti pake inisial atau apapun itu, apalagi nama (4L4Y) kroscek lagi kita lagi marah sama siapa sampai gak mau pake nama asli.

Segitu gaes resume dari Healing Online bersama Teh Irma Rahayu, btw Intermezzo dikit, ada yang udah nonton Ayat-Ayat Cinta 2? 


      kalau ada yg belum bukan bermaksud spoiler ya, tp ini ada pelajaranya loh..
      Inget gak adegan Keira nyoret-nyoret mobil Fahri pake pilox (eh nulisna kumaha sih, pilok pake s/x? haha ya etalah maksudnya). Keira ini hampir 3x nyoret mobilnya Fahri ampe tu mobil harus bolak balik bengkel. Nah yg ke 3x nya ketauan tuh sama teman-temenya fahri, sempet mau diadili gitu. Tapi sama Fahri ditahan.. Dia cuma ingin bicara sama Keira, dialognya kurang lebih begini :

      "Kalau kamu memang lagi marah dan dengan mencorat-coret mobil saya hal itu membuat kamu tenang, silahkan saja coret mobil saya sepuasnya!
      Tapi, jika kamu melakukan ini karena kamu Marah/Kesal dengan seseorang, sungguh ini tidak ada gunanya!" (Fahri masuk rumah, Keira mikir *eaa). 

      Ternyata, setelah ditelusuri akar Marah Keira itu dari kejadian Bom bunuh diri teroris di Inggris, which is  bapaknya jadi korban, dan  dia mencap semua umat Muslim itu teroris termasuk si Fahri. 
      Oya, tambahan..Keira itu punya marah yg luar biasa banget hampir semua scene nya emosi abiss ampe ikutan emosii haha, dia itu jago main biola, tapi kurang tersalurkan jadinya rarungsing (what is the meaning of rarungsing? )
      Diem-diem Fahri kirim guru les Biola utk dia dan akhirnya Keira jadi Pemain Biola terkenal. Diliatin di salah satu adegan Keira lagi emosi banget, sedih+marah, trus  pergi bawa biola dan mainin biolanya di tengah jalan, taunya banyak yg nonton, dari situ dia bisa  Konser sampai masuk TV & jadi pemain biola terkenal.



       A2C saya tonton di hari yang sama dengan HO, jd begitu ada adegan itu, DEG! langsung inget bahasan tadi tentang Marah. 
      Saya berfikir, cuplikan adegan filim A2C diatas bisa menggambarkan tentang marah, tentang menyalurkan energi marah menjadi hal yg postitif, tentang mencari akar marah.

      Jadi, menurut saya   Marah itu boleh, marah itu perasaan wajar yg dimiliki setiap manusia. Tapi ya itu tadi yg proper, dicari lagi akar marah kita darimana & kenapa kita bisa marah..

     Kalau Menurut kamu gimana? Boleh gak kita Marah?

     Sekian.. Semoga Bermanfaat yaa 


1 komentar:

A JOURNEY TO REMEMBER

Bismillahirahmanirahim.. Assalamualaikum semuaa… kumaha damang? Udah lama gak update blog, dan udah akhir tahun ajaa euy! Di pen...